Memahami Kondisi Pasar yang Fluktuatif

26 Jun 2014

Secara kuno pasar bisa diartikan tempat bertemunya penjual dan pembeli, begitupun dalam pasar keuangan. tidak terpaku pada waktu dan tempat karena teknologi yang kita punyai memungkinkan semua terasa dekat.Dan alat pembayaran juga variatif sehingga bisa dikatakan terjadinya celah keuangan . dan disitulah ada pasar dalam fluaktuatifnya mata uang satu terhadap yang lain.

Dalam transaksi kedua belah pihak akan saling menyetujui sehingga pasar emnjadi sah untuk keduanya. pasar saham dan juga keuangan juga tak jauh beda. Dalam pasar uang termasuk dalam struktur pasar sempurna.

906c3f550dd3f4709944452df8def529_1

Instrumen Pasar Uang di Indonesia:
Instrumen atau surat-surat berharga yang diperjualbelikan dalam pasar uang jenisnya cukup bervariasi termasuk surat-surat berharga yang diterbitkan oleh badan-badan usaha swasta dan negara serta lembaga-lembaga pemerintah.
Instrumen pasar uang yang ada di Indonesia. Dahlan Siamat (2001:208):
1. Sertfikat Bank Indonesia (SBI)
Instrumen utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau bank sentral atas unjuk dengan jumlah tertentu yang akan dibayarkan kepada pemegang pada tanggal yang telah ditetapkan. Instrumen ini berjangka waktu jaruh tempo satu tahun atau kurang.
2. Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)
Surat - surat berharga berjangka pendek yang dapat diperjualbelikan secara diskonto dengan Bank Indonesia atau lembaga diskonto yang ditunjuk oleh BI.
3. Sertifikat Deposito
Instrumen keuangan yang diterbitkan oleh suatu bank atas unjuk dan dinyatakan dalam suatu jumlah, jangka waktu dan tingkat bunga tertentu. Sertifikat Deposito adalah deposito berjangka yang bukti simpanannya dapat diperdagangkan. Ciri pokok yang membedakaimya dengan deposito berjangka terletak pada sifat yang dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan sebelum jangka waktu jatuli temponya melalui lembaga - lembaga keuangan lainnya.
4. Commerecial Paper
Promes yang tidak disertai dengan jaminan yang diterbitkan oleh perusahaan untuk memperoleh dana jangka pendek dan dijual kepada investor dalam pasar uang.
5. Call Money
Kegiatan pinjam meminjam dana antara satu bank dengan bank lainnya untuk jangka waktu pendek.
6. Repurchase Agreement
Transaksijual odi surat-surat berharga disertai dengan perjanjian bahwa penjual akan membeli kcmbali surat-surat berharga yang dijual tersebut pada tanggal dan dengan harga yang telah ditetapkan lebih dahulu
7. Banker’s Acceptence
Suatu instrumen pasar uang yang digunakan untuk memberikan kredit pada eksportir atau importir untuk membayar sejumlah barang atau untuk membeli valuta asing.

Lalu apa itu pasar uang?

pasar uang adalah tempat petemuan secara abstrak antar pihak pihak tertentu yang membutuhkan atau pemilik dana pendek menawarkan kepada pihak yang membutuhkan. baik secara langsung maupun melalui perantara. Sedangkan yang dimaksud dengan dana jangka pendek adalah dana-dana yang dihimpun dari perusahaan maupun perorangan dengan batasan waktu dari satu hari sampai satu tahun, yang dapat diperjualbelikan didalam pasar uang

Pasar uang (money market) di indonesia masih relative baru jika dibandingkan dengan negara-negara maju. Namun dalam perkembangan dunia sekarang ini maka pasar uang di Indonesia juga ikut berkembang walaupun tidak semarak perkembangan pasar modal (capital market).

Sementara antara pasar uang dan pasar modal terdapat perbedaan yang cukup jelas. Misalnya, jika dilihat dari jangka waktunya instrument yang diperjualbelikan, tempat penjualannya serta tujuan dari padapenjual dan pembeli dari kedua pasar tersebut.

untuk memahami kondisi real pasar keuangan yang fluktuatif kita tidak bisa mengandalkan satu indikator saja , bergam indikator dan faktor lain yang memungkinkan terjadinya sebuah sentimen membuat kita waspada. Keputusan bisa membuat kita gagal trading dan trauma keuangan yang panjang.


TAGS


-

Author

Follow Me